Wednesday, 22 August 2018

Pantai Kerobokan Tawarkan Wisata Terapi Kesehatan dengan Pasir Hitam

wisataunikbali.com
Terapi Pasir Hitam di Desa Kerobokan
Pantai Kerobokan- Desa kerobokan merupakan Desa yang terletak di Bali Utara, tepatnya di Kecamatan Sawan. Desa kerobokan terus berbenah memperbaiki pariwisatanya, potensi baru yang dimiliki Pantai Kerobokan adalah kelebihan pasir pantainya yang dapat digunakan sebagai terapi kesehatan.

Berawal dari kebanyakan masyarakat yang datang untuk sekedar menimbun kaki sembari menikmati keindahan Pantai Kerobokan, namun ada manfaat lain yang didapatkan setelah menimbun kaki. Beranjak dari hal tersebut banyak masyarakat dari luar daerah Kerobokan ingin mencoba menimbun kaki dan badan untuk memperoleh kesehatan atau memulihkan kesehatan.
Pantai Kerobokan sempat didatangi Tim dari Lembaga Peneliti dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (UNUD). Tim itu mengamati dan mengambil sampel pasir hitam yang ada di pantai sebagai data penelitian. Hasilnya, pasir hitam yang ada di sepanjang pantai Bali Utara, ternyata dapat dijadikan terapi kesehatan.

Tim LPPM UNUD mencatat, pasir hitam di Bali Utara dapat menghasilan hawa panas dengan suhu tertentu. Hawa panas inilah yang dapat dijadikan sebagai terapi kesehatan. Salah satunya, penelitian dilakukan di pesisir Pantai Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan, Buleleng, pada tahun 2017 lalu.

Dari hasil penelitian diketahui, dengan hawa panas pasir antara 45 derajat sampai 50 derajat dapat dijadikan alternative kesehatan. Peluang itu dapat dilakukan mulai pukul 09.00 wita sampai pukul 17.00 wita, dengan kedalaman galian pasir maksimal 50 centimeter.

Masa waktu yang diperlukan juga tidak terlalu lama, hanya berlangsung selama 15 menit. Kemudian masa pemulihan setelah bangkit dari timbunan pasir perlu waktu selama 5 menit.

Penelitian itu memang masih berlanjut, sampai diketahui dengan pasti penyakit apa saja yang dapat disembuhkan dengan terapi pasir hitam itu. Tetapi secara empiris, warga sebelumnya memang sudah terbiasa memanfatkan pasir hitam itu untuk terapi kesehatan.

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng melalui akun media sosial kini mulai memperkenalkan Pantai Kerobokan dengan salah satu daya tarik special, yakni terapi kesehatan dengan pasir hitam.

Penelitian tersebut lebih meyakinkan potensi yang dimiliki oleh Pantai kerobokan. Bagi masyrakat yang berniat berkunjung ke Pantai Kerobokan dapat memperoleh manfaat ganda yaitu melihat keindahan pantai sembari mendapat kesehatan dengan menimbun kaki di pasir

Jika kalian ingin berkunjung ke Pantai Kerobokan, dapat lihat pada peta di bawah ini:







  Baca juga tentang Potensi Desa Kerobokan yang lainnya


EmoticonEmoticon