Sunday, 22 April 2018

Goa Gala Gala- Underground house in Lembongan Bali


wisataunikbali.com
Pintu masuk Goa Gala gala




Goa Gala gala- Serasa flashback lagi ke jaman-jaman dahulu kala ketika berada di dalam sebuah goa  dimana orang-orang dahulu menjadikan goa sebagai tempat berlindung bahkan sebagai tempat tinggalnya.

Tapi ya memang ada di jaman yang sudah modern ini orang tinggal di sebuah goa bawah tanah. Goa tersebut dia buat sendiri selama 11 tahun dimulai sejak Tahun 1961. Orang tersebut bernama Jro Mangku Byasa. Terinspirasi dari kisah Mahabharata saat pengasingan di Istana Kardus, setelah Istana Kardus dibakar oleh Kurawa, para Pandawa menggali tanah dan membuat gua agar terhindar dari amukan si jago merah. Cerita Mahabharata di tulis oleh seorang Maha Rsi termasyur yang bernama Bagawan Byasa, tepat mirip dengan nama Sang Jro Mangku.

Uniknya, pembuatan goa tersebut masing menggunakan peralatan seperti linggis, cangkul dan kotoran sapi yang dibakar untuk membuat batu karang menjadi rapuh agar mudah untuk digali. Akan menjadi hal biasa saja ketika pembuatan goa tersbut menggunakan peralatan yang serba canggih seperti peralatan di jaman now.



wisataunikbali.com
Bagian dalam Goa Gala gala

Berada di ruang bawah tanah biasanya suplai udara atau oksigen akan sedikit, tentu akan merasa kepanasan,pengap dan bercucuran keringat, itu secara rasionalnya...
Namun tidak ketika berada di dalam goa ini, goa ini di desain dengan baik agar sirkulasi udara di dalam goa lancar dan orang yang berada di dalam goa juga merasa nyaman.

Kebetulan goa ini menjadi tempat pengasingan Jro Mangku Byasa dan digunakan sebagai tempat untuk bertapa yaitu merenung secara mendalam untuk menggali tentang diri sendiri. Mungkin aktivitas menggali goa juga beliau jadikan filosofi hidup dalam menggali diri kedalam hingga menemukan suatu ketenangan dalam diri.


wisataunikbali.com
Keunikan Goa Gala gala


Beberapa tempat di dalam goa ini, ketinggian pintu dan atap goanya hanya berkisar 1 sampai dengan 2 meter saja, sehingga jika masuk ke goa tersebut kamu harus merunduk agar terhindar dari benturan dikepala. Terdapat beberapa ruangan yang bisa kita jumpai di dalam goa ini seperti ruangan meditasi, ruang tidur, ruang tamu, dapur, sumur serta adanya lampu-lampu di sudut-sudut ruangannya, jadi cukup terang ya guys...

Goa gala-gala ini dibuka untuk umum sebagai objek wisata unik yang berada di seb uah pulau yang menjadi bagian dari Kabupaten Klungkung, Bali.

Goa gala gala berada di Nusa Lembongan, Bali. Seperti kita ketahui butuh transportasi laut untuk menuju ke pulau Nusa Lembongan, akses paling cepat menuju Pulau Nusa Lembongan adalah dengan fast boat atau speed boat dari dermaga Sanur, memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit dengan kapal cepat untuk sampai di dermaga Mushroom Bay ataupun dermaga pantai Jungut Batu. Sedangkan untuk menuju ke objek wisata Goa Gala-gala tersebut, dari Mushroom Bay lebih dekat, hanya sekitar 1.5 km atau 6 menit berkedara. Sedangkan dari Dermaga Jungutbatu sekitar 3.5 km. 

Penasaran ingin melihat bahkan ingin berada di dalam goa ini? silahkan saja masukkan Goa Gala gala di list liburan kamu di Bali. Untuk penunjuk arah, dapat kamu gunakan peta di bawah ini. 

Happy traveling ya guys...⌣




This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon