Friday, 13 April 2018

Brem Bali, welcome drink khas Bali yang disukai wisatawan asing


wisataunikbali.com
Brem Bali
Brem Bali, minuman khas bali - Minuman keras khas Bali merupakan minuman yang paling sering diminati oleh tamu mancanegara, karena memiliki rasa dan aroma yang khas, salah satu minuman khas Bali adalah Arak Bali.

Arak dibuat dengan bahan dasar ketan putih, namun ada juga minuman beralkohol atau minuman khas Bali yang dibuat dengan ketan hitam, nama minuman tersebut adalah Brem.

Minuman dengan citarasa manis keasam-asaman dan berwarna merah ini memiliki kandungan alkohol 3-10 %. Cara penyimpanan membuat kadar alkohol dapat berubahubah. Kadar alkohol menjadi naik akibat proses fermentasi yang terus berlangsung selama penyimpanan, sedangkan kadar alkohol mengalami penurunan karena proses esterifikasi, oksidasi, dan penguapan.

Penyebab oksidasi alkohol karena suasana aerobik yang terjadi selama waktu penyimpanan. Aktivitas bakteri asetat biasanya mengikuti suasana aerobik tersebut, sehingga terbentuk asam asetat, yang menjadikan rasa asam pada Brem. Kalau pada waktu penyimpanan tidak ditutup akan menyebabkan alkohol menguap. Bau asam disebabkan terbentuknya ester etil asetat dari reaksi alkohol dengan asam asetat yang terbentuk oleh suasana aerob dan bakteri asetat


Sebenarnya Brem dan Arak merupakan sarana upacara bagi masyarakat Hindu Bali, namun seiring waktu Brem dan Arak juga dikonsumsi oleh warga digunakan sebagai minuman penyambut tamu. Manfaat alkohol adalah untuk merangsang hormon dan memperlancar sirkulasi darah namun dengan takaran yang tepat. Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah tertentu dapat meningkatkan kadar hormon dan dapat membantu kerja arteri darah. Alkohol dalam jumlah tertentu juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Meskipun begitu, ada resiko yang cukup fatal bila Anda mengkonsumsi Brem ini secara berlebihan, yakni dapat menimbulkan serangan jantung, kanker, dan kematian. Jika kandungan alkohol dalam darah melebihi 5 persen, Anda akan merasa tidak enak dan secara bertahap dapat mengganggu tingkat emosi Anda. Bahkan dapat memicu kanker, sirosis hati, dan lain-lain.

wisataunikbali.com
Brem Bali with ice


Wisatawan asing biasa menggunakan alkohol untuk menambah sensasi rasa hangat pada tubuh karena suhu udara di dareahnya tergolong dingin. Tidak dipungkiri mereka sangat berminat terhadap minuman beralkohol.

Beberapa hotel mungkin memasukkan Brem untuk menu cocktailnya untuk menunjukkan minuman khas Bali kepada para wisatawan asing yang sedang berkunjung ke Bali.  Jadi wisatawan tidak hanya diinformasikan mengenai pantai, air terjun, pura dan tempat-tempat wisata yang ada di Bali, namun pihak hotel juga memperkenalkan minuman dan makanan khas Bali untuk menambah nilai jual dari hotel tersebut.

Jika kamu penasaran dan berminat untuk merasakan sensasi minuman Brem ini, silahkan berkunjung ke Bali dan nikmati Brem bersama keluarga maupun pasangan terkasih kamu.

" Tetapi ingat ya jangan sampai berlebihan.."

Karena apapun itu yang sifatnya berlebihan tentu tidak bagus, begitu juga alkohol jika dikonsumsi berlebihan akan menjadi racun dalam tubuh kamu.

Happy Traveling ya guys.. ☺


EmoticonEmoticon