Saturday, 27 January 2018

Keunikan Dalam Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

wisataunikbali.com
Bagian Dalam Pura Goa Giri Putri

Goa Giri Putri- Berbicara tentang Bali memang tidak akan ada habisnya, Bali merupakan icon Pariwisata Indonesia. Bali adalah surga keindahan bagi para wisatawan domestik maupun manca negara.

Nusa Penida adalah Pulau kecil di sebelah selatan Bali, untuk menuju ke sana harus menyebrang melalui Sanur atau Padang Bai. Walaupun terkesan terpencil, namun jangan salah, pulau ini menyimpan keindahan dan kereligiusan tinggi. Raja Ampatnya Bali juga ada di Pulau ini, Pura yang sangat Religius juga terdapat di Pulau ini yaitu Pura Penataran Ped dan menjadi Pura Sad Kahyangan Jagad. 

Pura unik yang ada di pulau ini adalah pura yang terdapat di dalam gua, dimana lubang atau pintu masuk gua ini hanya seukuran tubuh orang dewasa saja, tetapi ruang yang terdapat di dalam gua sangatlah luas. Tempat ini bernama Pura Goa Giri Putri. 

Akses Menuju Goa Giri Putri

Goa Giri Putri terletak pada ketinggian sekitar 150 meter di atas permukaan laut dan memiliki panjang sekitar 310 meter. Tepatnya di atas sebuah bukit, namun sudah terdapat sekitar 100 anak tangga untuk mencapai puncak bukit tersebut yang mana adalah letak Goa Giri Putri ini.

Tangga-tangga tersebut sudah diberi atap dengan tujuan agar wisatawan tidak kepanasan saat berkunjung ke Goa Giri Putri. Namanya saja tempat suci, untuk memasuki kawasan suci wajib menggunakan kemben (Kain) dan selendang untuk ikat pinggang ( ini bagi yang non Hindu) tetapi bagi para umat Hindu biasanya menggunakan pakaian adat lengkap saat bersembahyang ataupun berkunjung ke Pura Goa Giri Putri.

Sesampai di puncak bukit, kamu akan menemukan pelataran Pura Goa Giri Putri. Disediakan tirta (Banyu awang) untuk dipercikkan ke diri kita sebagai simbol penyucian diri sebelum memasuki kawasan suci, setelah itu baru kamu dapat melanjutkan untuk masuk ke bagian dalam Goa Giri Putri.

wisataunikbali.com
Pintu masuk Goa Giri Putri

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa pintu masuk Goa Giri Putri adalah sempit, seukuran tubuh satu orang dewasa saja tetapi ketika kamu berhasil masuk ke dalam goa, maka kamu akan terkesima dengan keunikan dan keindahan pura yang ada di dalam goa tersebut.

Dahulu ketika goa ini belum dikelola dengan baik, kondisi di dalamnya masih sangat gelap dan lantainya licin karena kelembapan goa tersebut, tetapi sekarang didalam goa sudah terdapat penerangan dan kondisi lantai yang sudah tidak licin lagi karena sudah di plester dengan semen. 

Goa ini berfungsi sebagai tempat hidup dan berkembang bagi manusia purba di pulau ini, namun semakin lama digunakan menjadi tempat untuk bermeditasi bagi orang-orang yang suka dengan dunia religius. Belum ada prasasti yang dapat dijadikan pedoman tentang sejarah goa ini, namun karena dianggap memiliki nilai religius dan juga sebagai bentuk pelestarian dan menjaga keberadaan Goa Giri Putri sebagai tempat persembahyangan sekaligus objek wisata spiritual dan budaya, muncullah ide pembangunan pelinggih-pelinggih sebagai tempat pemujaan kepada para dewa yang bersemayam di Pura Goa Giri Putri. Ada enam pelinggih dan kekuatan Tuhan yang bersemayam di Pura Goa Giri Putri di antaranya Pelinggih Hyang Tri Purusa, Pelinggih Hyang Wasuki, Pelinggih Hyang Giripati, Pelinggih Hyang Giri Putri, Pelinggih Payogan dan Pelinggih Hyang Siwa Amerta, Sri Sedana/Ratu Syahbandar dan Dewi Kwam Im.

Pintu keluar goa tidak seperti pintu masuknya, pintu keluar gua sangat besar, dulu pintu keluar ini dapat digunakan sebagai pintu masuk pura, namun karena ingin menanamkan sebuah filosofi hidup pada pura ini maka muara goa yang besar hanya digunakan sebagai pintu keluar saja. Filosofi ini sama dengan ketika kita keluar dari rahim memalui lubang yang kecil, kemudian bisa merangkak, berdiri tegak kemudian dapat berjalan dan menikmati luasnya alam ini seperti itulah filosofi yang ingin ditanamkan melalui perjalanan religi ini.

Tempat Meditasi

Goa Giri Putri ini dari dulu hingga sekarang digunakan sebagai tempat bermeditasi, mencari ketenangan diri, mencari jati diri dengan memahami filosofi-filosofi kehidupan yang digambarkan melalui cara masuk goa, saat berada dalam goa hingga keluar dari dalam goa, memahami dalam keheningan.

Lokasi Pura Goa Giri Putri

Pura Goa Giri Putri Nusa Penida terletak di Dusun Karangsari, Desa Pakraman Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung kurang lebih 7 km ke arah timur dari Pelabuhan Buyuk Nusa Penida. 

Untuk membantu mengetahui lokasi dari Pura Goa Giri Putri, dapat kamu gunakan peta di bawah ini sebagai penunjuk arahnya.




EmoticonEmoticon