Saturday, 2 December 2017

Goa Gajah yang sering disebut Elephant Cave, wisata bersejarah di Bali

Goa Gajah
Foto: Destinasi Wisata Bali

Goa Gajah- Bali memiliki keindahan dan keunikan Alam dan Baudaya, keunikan budaya dapat dilihat dari segi arsitekturnya. Situs-situs bersejarah di Bali sengaja dijaga dan dilestarikan degan tujuan untuk mengetahui perkembangan orang Bali pada khususnya. Situs sejarah tersebut dapat pula menjadi daya tarik bagi wisatawan yang sedang berlibur ke Bali.

Salah satu objek wisata sejarah yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan adalah Goa Gajah. Hampir setiap hari Goa Gajah dikunjungi oleh wisatawan berhubung tempat ini memang sangat unik dan menyimpan nilai sejarah yang begitu besar. 

Mengapa di sebut dengan Goa Gajah, padahal saat berkunjung ke sana tidak ada satupun gajah berada di sana? Asumsinya adalah Goa adalah sebuah lubang yang sengaja dibuat pada sebuah bukit atau tebing, sedangkan binatang gajah adalah binatang dengan ukuran tubuh besar. Goa Gajah diasumsikan sebagai lubang yang dibuat dengan ruang didalamnya luas. 

Goa Gajah terdiri dari dua komplek,  merupakan warisan ajaran siwa budha, bukti peninggalan ajaran siwa yang  berada di komplek bagian utara adalah adanya tri lingga dan patung Ganesha di dalam gua. Di kolam pemandian atau pentirtaan terdapat arca Widyadara dan Widyadhari. Arca Widyadhari pancuran ini terdapat enam buah. Tiga berjejer di bagian utara dan tiga di bagian selatan. Arca bidadari ini diletakkan di atas lapik teratai atau padma. Padma adalah simbol alam semesta stana Hyang Widhi. Sedangkan arca Widyadara berada di tengah keenam Widyadhari. Hal ini berdasarkan konsep Sapta Nadi yaitu tujuh sungai suci Gangga, Sindhu, Saraswati, Yamuna, Godawari, Serayu dan Narmada. 

Sedangkan peninggalan ajaran Budha berada di komplek bagian selatan dengan adanya stupa Buddha dalam sikap Dhyani Buddha Amitabha bersusun 13 stupa dan stupa bercabang 3 yang dipahat dibatu besar.

Mulut Goa hanya cukup untuk satu orang jika kamu berniat ingin masuk ke dalam. Di dalam goa sudah ada penerangan agar kamu dapat melihat isi didalam goa. Bentuk bagian dalam goa seperti huruf T, memiliki tinggi sekitar dua meter. Tempat ini dijadikan sebagai salah satu tempat suci oleh umat hindhu di Bali, maka diberi nama sebagai Pura Goa Gajah. 


Lokasi Pura Goa Gajah

Goa Gajah terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali dengan jarak tempuh sekitar 27 kilometer dari Kota Denpasar dan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Jika kamu belum mengetahui lokasi dari Goa Gajah, dapat kamu gunakan peta di bawah ini sebagai penunjuk arahnya. 


EmoticonEmoticon