Tuesday, 25 July 2017

Pantai Pandawa-Keindahan pantai dibalik tebing tinggi

Tebing Pantai Pandawa

Pantai Pandawa Desa Kutuh

Pantai Pandawa-Pantai di Bali menawarkan keeksotisan tersendiri. Bali adalah pulau kecil yang dikelilingi oleh pantai, maka tidak heran kalau pantai adalah tujuan wisata di Bali. Pantai pantai yang namanya sudah populer di Bali seperti Pantai Kuta dan Pantai Sanur tidak membuat pantai lainnya di Bali malah tidak berkembang. Berkembang dalam artian menggali potensinya untuk menjadi objek wisata baru di Bali. 

Salah satu pantai yang berada di Badung selatan awalnya tidak sepopuler sekarang. Pantai yang berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung ini dulu memang susah untuk dijangkau sehingga orang asing menamainya secret beach. Orang Desa Kutuh juga menyebut pantai ini adalah Pantai Kutuh. 


Pantai yang terletak dibalik bukit ini ternyata memiliki keindahan yang tak kalah dari Pantai Kuta. Dengan melihat potensi tersebut maka masyarakat Desa Kutuh berinisiatif untuk mengembangkan potensi tersebut sehingga menjadi objek wisata populer seperti sekarang ini.

Bukit yang menjadi penghalang untuk menuju ke pantai ini digali terus menerus agar bisa menembus ke pantai dan memberikan akses jalan yang bagus karena akses jalan menuju pantai ini sangat penting atau sebagai alasan terkuat untuk pengembangan selanjutnya. Membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk menembus dan membelah bukit tersebut hingga menjadi seperti sekarang. Waktu yang diperlukan sekitar 12 tahun. Dapat kamu bayangkan pengorbanan masyarakat Desa Kutuh untuk membuat mimpinya menjadi kenyataan.  


Kisah usaha masyarakat Desa Kutuh dalam menembus bukit selama 12 tahun diibaratkan seperti kisah Panca Pandawa dalam masa pengasingannya hidup dihutan dan mencari tanah untuk membuat tembikar. Kisah hidup Panca Pandawa dan ibunya menjadi inspirasi dan melatar belakangi penamaan pantai ini menjadi Pantai Pandawa sehingga dibangunlah patung-patung Panca Pandawa dan Kunti di dinding bukit pinggir jalan menuju Pantai Pandawa ini.


Foto: wisatalicius.com

Dapat kamu lihat sekarang bagaimana usaha masyarakat Desa Kutuh tidak sia-sia. Keindahan Pantai Pandawa memang sangat mengesankan, pantai yang luas dan dengan penataan yang bagus, lahan parkir yang memadai, Jalan yang sudah diaspal dan penerangan jalan sudah mendukung pula.

Untuk kunjungan wisatawan, dulu memang wisatawan asing yang banyak berkunjung kesini, tetapi sekarang kunjungan ke Pantai Pandawa didominasi oleh wisatawan domestik. Pantai ini sering menjadi lokasi tempat foto prewedding atau acara wedding. 

Kesan yang ditonjolkan di Pantai pandawa ini agak mirip dengan konsep pemasangan nama " Holywood" di bukit, begitu juga dengan nama Pantai Pandawa yang ditempel di bukit sehingga bila diamati nama "Pantai Pandawa" yang di tempel tersebut menjadi latar belakang spot foto yang paling dominan bagi para wisatawan, mungkin dengan tujuan kalau mereka mau menunjukkan bahawa mereka benar-benar sedang berada di Pantai pandawa, bukan pantai lainnya. 




Masuk lebih kedalam lagi, kamu akan dihadapkan pada kemilau pasir putih dan hamparan laut yang indah. Kamu dapat menikmati suasana pantai dengan duduk di bangku yang berisi payung, bisa juga sambil sasi dipijat karena ada tersedia jasa pijat di pantai ini. Pantai ini juga lumayan bagus untuk tempat berselancar. Aktivitas lain yang dapat kamu lakukan adalah kegiatan watersport dan berkano.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Bali, atau orang Bali yang belum pernah ke Pantai Pandawa ini, masukkan nama pantai ini ke daftar liburan kamu bersama keluarga. Untuk lokasinya dapat kamu lihat pada peta di bawah ini:



2 komentar

Iya mas, tebingnya sengaja dipotong agar jalan dapat menembus pantai, karena pa tebing tinggi. Tebing tinggi menjadi nilai tambah keindahan pantai pandawa


EmoticonEmoticon