Tuesday, 4 July 2017

Desa Jatiluwih- Keindahan sawah yang memikat hati Obama


Desa Jatiluwih saat pagi hari

Desa Jatiluwih dan keindahan terasering 


Desa Jatiluwih-Saat berkunjung ke Tabanan, saya sempatkan mampir di Desa Jatiluwih, Jalan menuju ke Desa Jatiluwih tempat ini telah diperbaiki sehingga bagi kamu yang ingin menggunakan sepeda motor dapat masuk melalui Desa Pacung dan pergi ke Jatiluwih dan juga dari sisi barat dari Pura Batukaru menuju Jatiluwih. Nama daerah yang memiliki dua suku kata yaitu dari kata “ Jati “ dan “Luwih” yang berarti benar-benar bagus, indah, tepat.

Diperkirakan jarak tempuh menuju Desa Jatiluwih dari tempat wisata Bali yaitu Kuta adalah sekitar 1 jam perjalanan.Sekarang tergantung berapa lama kamu mampir ditempat lain atau di objek wisata lain yang sejalur dengan objek wisata ini.  Beberapa obyek wisata di Bali lainnya yang dapat kamu kunjungi dalam perjalanan seperti Taman Ayun, Danau Beratan, Tanah Lot dan lain-lain. 

Desa yang berada di dataran Gunung Batu Karu, menyebabkan tempat ini sangat sejuk. Kawasan sawah bertingkat dan  berundak merupakan ciri dari sebagian besar daerahnya dan sawah dengan bentuk berudak atau bertingkat disebut dengan sawah terasering. Tujuan dibuat sawah terasering adalah agar aliran air dapat turun dari atas sawah puncak ke sawah terbawah, dan memang sifat alami air mengalir dari atas ke bawah, serta agar tanah bisa tertahan dari longsor. Luas daerah Desa Jatiluwih inisekitar 636 hektar dan semua dari luas tersebut adalah  sawah terasering, jadi desa ini merupakan kawasan terbesar yang memiliki pemandangan sawah terasering di Bali. 

Sawah Desa Jatiluwih dilihat dari dataran tinggi
Desa Jatiluwih adalah salah satu desa di Kabupaten Tabanan, terletak di daerah Penebel, yang terletak pada ketinggian kira-kira 800 meter diatas permukaan air laut, adalah daerah yang terkenal dengan panorama sawah terasering. Anda akan selalu ditemani oleh udara sejuk sambil menikmati pemandangan alam yang hijau dan asri.

Ketika melewati  areal persawahan, kita dapat menjumpai sungai-sungai kecil dan kicauan burung-burung. Suasana seperti ini akan sangat bisa kita temui dipagi hari dan memang pagi harilah sebenarnya waktu yang tepat saat berada di areal persawahan. 

Persiapkan bekal kamu ketika berkunjung kesini, atau kamu dapat membeli makanan di sekitar areal persawahan ini. Kenapa disarankan untuk membawa makanan, karena pada umumnya ketika berada di areal persawahan, kita lebih cenderung mudah lapar. Menikmati makanan ditengah udara yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat kamu akan semakin berkesan berada di Desa Jatiluwih ini. 


Obama dan keluarga di Desa Jatiluwih,
Foto: nasional.tempo.co

Baru-baru ini, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan keluarga berlibur ke Bali dan ternyata pergi ke lokasi wisata Jatiluwih dan Obama sendiri kagum dengan keindahan panorama persawahan tersebut.

Apa yang membuat Obama menyukai Jatiluwih? Negara luar sampai berinvestasi ke Indonesia agar hutan indonesia tetap terjaga, karena polusi di Bumi ini sudah sangat tinggi, Desa wisata di Tabanan, Bali ini memang istimewa dan menawan sehingga UNESCO menobatkan daerah wisata ini sebagai salah satu warisan Dunia. Semakin banyaknya tumbuhan yang masih terjaga, maka produksi oksigen juga semakin baik, sehingga Obama berharap agar kawasan hijau tetap dipertahankan. 

Sistem pengairan yang terkenal di Bali adalah Subak. Sistem ini membuat aliran irigasi sendiri untuk di distribusikan ke sawah-sawah penduduk. Sumber air berasal dari pegunungan dan sudah terintegrasi berapa debit air yang akan di alirkan ke masing-masing sawah sesuai uang yang dibayarkan ke kas subak itu sendiri. Begitu pula di Desa Jatiluwih ini terkait dengan subaknya. 

Semoga pemerintah dapat mencarikan solusi akibat masivnya pembangunan di Bali ini, karena semakin banyak bangunan, maka subak yang menjadi kebanggan Bali perlahan akan mulai punah. Beras yang dulu kita bisa berlimpah, mungkin akan didatangkan dari daerah lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bali. Begitu juga keperluan untuk beryadnya akan didatangkan dari luar Bali juga, sudah bisa ditebak akan terjadi peningkatan harga barang karena terkait biaya produksi dan biaya pengiriman.

Selain di kawasan desa Jatiluwih Tabanan Bali, objek wisata dengan sawah bertingkat dan berundak juga terdapat di Ubud. Tempat wisata di Ubud tersebut tepatnya berada di Desa Tegalalang. Biasanya wisatawan setelah selesai ke objek wisata Kintamani, pasti akan menyempatkan untuk singgah untuk memanjakan mata dengan nuansa hijau dan sejuk di desa Tegalalang Ubud. Bahkan Obama sendiri sebelum ke Jatiluwih, mampir dulu ke Ubud untuk menyaksikan suasana alam yang indah tersebut.

Jika kamu ingin berkunjung ke Jatiluwih dan belum mengetahui lokasinya, dapat menggunakan peta di bawah ini untuk menujukkan arahnya: 

Lokasi Desa Jatiluwih



EmoticonEmoticon