Wednesday, 31 May 2017

Air Terjun Sekumpul-Air terjun terindah di Bali

Air Terjun Sekumpul,
Foto: yukpiknik.com

Air Terjun Sekumpul-Bali Utara memang terkenal dengan air terjunnya. Luas Bali Utara adalah paling luas diantara semua kabupaten yang ada di Bali. Banyak memang air terjun, namun Bali Utara memiliki satu air terjun yang dikatakan sebagai air terjun terindah di Bali. 

Namun masih ada beberapa air terjun di kawasan Bali Utara seperti:

Air TerjunAling-Aling
Air Terjun Colek Pamor
Air Terjun Nungnung

Disamping indah, air terjun ini juga unik. Mau tau uniknya seperti apa? silahkan kunjungi saat musim penghujan namun harus tetap hati-hati juga.

Yaps.. air terjun yang satu ini terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Buleleng. Nama "Sekumpul" mungkin berasal dari kata "Se" yang artinya satu dan "kumpul" yang artinya bersama. Jadi "Sekumpul" berarti bersama menjadi satu tempat. Tujuh air terjun yang ada di perbukitan ini terkumpul pada satu tempat yaitu di Desa Sekumpul.


Air Terjun Sekumpul saat siang hari,
Foto: travelingbali.com
Di Air Terjun Sekumpul memang memilii 7 air terjun, namun yang dapat kita jangkau hanya 2 air terjun saja berhubung letaknya dekat dengan jalan utama dan 5 air terjun lainnya terletak pada lokasi yang memerlukan tenaga ekstra untuk menjangkaunya.

Tadi sempat disinggung tentang keunikannya, yaitu air terjun ini memiliki dua sumber air, namun akan jelas terlihat pada musim penghujan, karena saat hujan dan ada banjir, salah satu sumber air akan berwarna keruh karena berasal dari aliran sungai lain dan satunya lagi akan berwarna bening karena bersumber dari mata air.

Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus menuruni anak tangga yang jaraknya sekitar 300 meter dari jalan utama. Jangan ngebayangin capeknya dulu, karena dalam perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan yang indah dan sesekali dapat mendengar kicauan burung yang ada di sana.




Disarankan agar berhati-hati saat berkunjung dimusim penghujan, karena kamu tidak dapat memprediksi datangnya banjir dan besarnya jumlah debit air serta kondisi jalan yang licin dapat menggangu perjalanan dan keselamatan.

Wisatawan biasanya memanfaatkan lokasi ini untuk refreshing dari segala kesibukan dan aktivitas rutin, namun sudah barang tentu kegiatan foto-foto akan menjadi salah satu tujuan di lokasi ini.

Sebagai gambaran dapat kamu lihat di bawah ini peta lokasi Air Terjun sekumpul:











EmoticonEmoticon