Wednesday, 31 May 2017

Pura Ulun Danu Beratan- Keunikan pura di tengah Danau Beratan



Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu yang unik

Pura Ulun Danu Beratan- Bali memiliki empat buah danau, yaitu danau Buyan, Danau Tamblingan, Danau Batur dan Danau Beratan. Ketika kamu melakukan perjalanan dari Denpasar ke Singaraja atau sebaliknya, kamu akan melihat danau yang sering dijadikan sebagai tempat persinggahan. Danau tersebut bernama Danau Beratan. 

Danau Beratan ini terletak di Bedugul, lokasi yang sejuk dan asri. Banyak pepohonan dan bukit-bukit di pinggir danau ini. Airnya begitu tenang dan sangat cocok untuk lokasi memancing. Banyak orang yang mampir ke danau ini ketika melakukan perjalanan dari atau ke Denpasar. Makanan yang sering mereka beli juga makanan yang hangat-hangat karena memang nikmat menyantap makanan yang masih hangat ketika berada di kawasan perbukitan yang sejuk.

Ada tiga pintu untuk menuju danau ini, namun hanya satu pintu yang dapat digunakan untuk menuju salah satu tempat suci atau Pura di pinggir danau tersebut. Pura yang di maksud adalah Pura Ulun danu Beratan.

Ulun Danu berarti Bagian hulu dari Danau beratan. Pura ini sering disebut juga sebagai Pura Bedugul karena berfungsi sebagai tempat menyembah Dewi Kesuburan, karena fungsi Danau Beratan adalah sebagai sumber pengairan sawah-sawah (sebagai irigasi). 

Akses menuju Pura Ulun Danu Beratan ini sudah sangat bagus karena sudah ditata oleh pemerintah karena selain menjadi tempat suci, pura ini juga menjadi salah satu objek wisata paling populer di Bali.

Ada tiga bagian untuk objek wisata ini. Bagian pertama ditata untuk dijadikan lahan parkir yang luas untuk menampung pengunjung baik dari wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Pada areal parkir ini juga terdapat warung-warung yang menjual makanan ringan, dan oleh-oleh khas Bali. Masuk lebih kedalam lagi, mata kamu akan dimanjakan oleh hamparan taman yang begitu luas dan rindang. Masuk lebih kedalam lagi maka kamu akan menjumpai Pura yang berada di tengah danau. di kawasan wisata  ini kamu akan menjumpai empat kompleks pura, yaitu Pura Lingga Petak (memiliki tiga tumpang meru), Pura penataran Puncak Mangu (memiliki sebelas tumpang meru), dan pura Dalem Purwa, dan yang terakhir adalah Pura Teratai Bang.

Banyak wisatawan yang datang kesini untuk menikmati sejuknya udara danau sembari duduk santai dan berfoto-foto dengan sanak saudara untuk mengabadikan moment liburan mereka. Kamu juga bisa menyewa motorboat untuk berkeliling menyusuri tenangnya Danau beratan ini. 

Bagi kamu yang lupa membawa kamera dan ingin langsung membawa pulang foto liburan kamu di Pura Ulun Danu beratan ini, telah tersedia jasa foto kilat di sana. Hasilnya juga bagus. Dijamin liburan kamu akan sangat mengesankan jika berkunjung di Pura Ulun danu Beratan ini.



Waktu yang diperlukan untuk mencapai Pura Ulun Danau Beratan Bedugul adalah sekitar 1,5 jam perjalanan dari Denpasar atau sekitar 60 Kilometer. Jalannya juga sudah sangat bagus namun kadang kamu akan dihadapkan pada kondisi macet saat-saat hari libur. Letak Pura Ulun Danu Beratan berada tepat dipinggir jalan dari Kota Denpasar Menuju Kota Singaraja. Biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp. 2.000 dan untuk mobil adalah Rp. 5.000, sedangkan untuk tiket masuknya adalah Rp. 20.000 per orang. 

Kalau kamu belum mengetahui lokasinya, dapat kamu lihat pada peta di bawah ini:







EmoticonEmoticon