Tuesday, 16 May 2017

Pura Taman Ayun, pura warisan dunia yang terdaftar di UNESCO

Pura Taman Ayun Mengwi

Pura Taman Ayun-Pura Taman Ayun terletak di Desa Mengwi Kabupaten Badung yang berjarak sekitar 19 kilometer dari Kota Denpasar. Pura yang memiliki taman yang luas dan indah ini dibangun pada tahun 1556 caka (1634 Masehi) oleh Raja Mengwi. 

Dengan konsistensi masyarakat menjaga kelestarian pura ini, maka UNESCO menjadikan pura ini sebagai salah satu warisan Dunia yang patut dilestarikan. Selain Pura Taman Ayun, UNESCO juga menjadikan Desa Jatiluwih sebagai salah satu warisan Dunia juga.

Pura yang dianggap sebagai Ibu (Paibon) oleh Kerajaan Mengwi ini wajib kamu kunjungi dan masuk dalam list liburan kamu di Bali. Pura adalah tempat memuja Tuhan bagi umat Hindu di Bali namun pura juga dapat dijadikan sebagai objek wisata.

Bagi kamu yang memang memiliki tujuan wisata ke arah Kabupaten Buleleng yang terkenal dengan objek wisata Pantai Lovina dan Air Terjun Gitgit, sempatkan dulu untuk mampir ke Pura Taman Ayun ini.




Gerbang Pura Taman Ayun

Sebelum memasuki areal pura, kamu akan berjalan melewati taman yang luas dan indah, kemudian kamu akan menemukan Candi Bentar yang megah. Wisatawan umum tidak diperbolehkan untuk memasuki areal dalam pura, kamu hanya dapat melihatnya di halaman luar saja termasuk taman tadi.


Harap hormati juga tata cara yang berlaku saat memasuki areal pura ini karena kita adalah bangsa yang berbudaya juga apalagi memasuki kawasan suci seperti pura. 

Sudah menjadi hal yang tidak asing lagi untuk mengabadikan moment saat berkunjung ke tempat-tempat wisata, masyarakat akan berfoto-foto dan mencari tempat0tempat yang dipandang memiliki spot yang baik untuk berfoto.

Di Pura Taman Ayun ini mungkin spot terbaik untuk berfoto adalah pada tamannya dan juga pada bagian depan puranya yang dapat menunjolkan arsitektur Bali.



Taman Pura Taman Ayun
Taman yang luas ini dapat menjadi obat penghilang kepenatan bagi wisatawan yang berkunjung. Bagi umat yang ingin bersembahyang juga akan dibuat menjadi nyaman dengan arsitektur dan tata letak pura ini. Intinya tidak akan membosankan apabila berkunjung ke Pura Taman Ayun ini.

Piodalan pada pura ini diselenggarakan pada Hari Selasa Kliwon Wuku Medangsia karena memang pada hari itu pura ini diresmikan. 

Bagi kamu yang ingin mengetahui lokasi Pura ini, dapat dilihat dari peta di bawah ini:








EmoticonEmoticon