Thursday, 11 May 2017

Pulau Menjangan, surga bawah laut di Bali Barat

Menjangan di pinggir pantai

Pulau Menjangan-Bali memang menyimpan banyak pesona, mulai dari keindahan alam, keragaman budaya, makanan, dan wisata religinya. 

Bagi anda yang hobi diving, Bali mempunyai jawabannya. Bali menyimpan surga bawah laut yang sangat menakjubkan yaitu di Pulau Menjangan. Pulau Menjangan terletak di sebelah utara Taman Nasional Bali Barat tepatnya di Desa Kelampok Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. atau sekitar 80 km dari Kota Singaraja dan 60 Km dari Lovina dan sekitar 4 jam dari Kota Denpasar.

Untuk mencapai pulau ini Anda harus menyebrang dengan motor boat kurang lebih selama 30-40 menit dari pelabuhan lalang. Di Pelabuhan lalang sudah disediakan paket diving komplit yang bisa anda pilih sesuai anggaran liburan Anda. Paket ini mencakup sewa kapal boat, asuransi, guide dan perlengkapan snorkeling. 

Rincian harganya sebagai berikut:
- Sewa kapal : Rp. 400.000- Rp. 600.000
- Peralatan snorkeling per orang : Rp. 40.000- Rp. 50.000
- Biaya masuk; Rp. 4.000
- Guide : Rp. 100.000 per kelompok


Taman bawah laut
Pulau ini bernama Pulau Menjangan karena di pulau ini memang banyak terdapat spesies menjangan yang populasinya semakin menurun, sehingga pemerintah menjadikan Pulau Menjangan ini sebagai Taman Nasional Bali Barat dalam upaya penyelamatan menjangan dari kepunahan.

Pulau Menjangan ini identik dengan aktivitas diving dan snorkeling, pulau ini memiliki wall diving dan terumbu karang  yang indah dan banyak. Terumbu Karang dapat kamu jumpai mulai dari kedalaman 10 meter.

Formasi terumbu karang memang mengelilingi Pulau Menjangan ini bahkan formasi batuan karang pada kedalaman 60 meter membentuk gua-gua berukuran kecil dan besar dengan fungsi sebagai habitat binatang laut seperti karang lunak, kakap kecil, kerapu besar, dan batfish. Dasar lautnya juga terdapat ikan tuna, bathfish, jackfish, angelfih, penyu laut bahkan ikan hiu juga ada di sini. 

Ada spot-spot diving di Pulau Menjangan ini, di antaranya:

Eel Gardens

Eel Gardens adalah spot diving yang terletak di sebelah barat Pulau Menjangan. Di spot ini terdapat banyak sekali kumpulan sea fans dan eel gardens sesuai dengan nama spotnya.

Secret Bay

Bagi kamu pecinta macro diving, Secret Bay adalah lokasi yang tepat bagi kamu karena kamu akan menemukan beragam terumbu karang, biota laut yang langka, pasir berlumpur di dasar laut di lokasi ini. Lokasi ini juga lokasi yang masih sangat alami atau belum banyak terjamah.

Berbagai macam spesies seperti frogfish, nudibranch, seahorse, shrimpfish, dragonets, lionfish, pipefish, udang laut, belut pita dan yang lainnya hanya dengan kedalaman 10 meter saja. Namun kamu harus menyelam pada waktu yang tepat jika ingin menikmati keindahan spesies-spesies tersebut.

Waktu yang tepat adalah saat gelombang tinggi dan bulan berada pada posisi yang tepat pula. Pakailah weitsuit (pakaian selam) yang bagus dan tebal berhubung suhu air di sini bisa lebih dingin dibandingkan perairan Bali lainnya.

Anchor Wreck

Bagi kamu yang sudah menjadi penyelam profesional, kamu dapat menjajal lokasi diving yang bernama Anchor Wreck. Semakin dalam lokasi penyelaman, semakin besar risikonya karena pada kedalaman sekitar 45 meter, kamu dapat melihat keunikan bangkai kapal yang telah berkarat lengkap dengan jangkarnya. Menurut opini yang beredar di masyarakat, kapal ini tenggelam pada abad ke -19 saat terjadinya Perang Dunia ke- II dan kapal ini adalah milik Belanda.  Didalam kapal tersebut ditemukan keramik-keramik yang tersimpan dalam peti, diduga kapal ini adalah kapal yang digunakan untuk mengangkut budak Belanda dari Bali ke Jakarta.


Pura Pulau Menjangan
Bali identik dengan puranya, disetiap sudut Pulau Bali pasti terdapat pura, makanya tidak heran Bali mendapat julukan Pulau Seribu Pura. Di Pulau Menjangan juga terdapat pura yang bernama Pura Agung Pingit Kelenting Sari. Pura ini berada di ujung Pulau Menjangan yang menghadap ke arah Jawa. Patung Ganesha yang terletak pada bagian depan pura memiliki tinggi sekitar 15 meter.  Di pura ini juga terdapat Pagoda Dewi Kwan Im.  Pura ini sebagai tempat pemujaan Tuhan untuk menjaga alam Bali ini dan khususnya Pulau Menjangan itu sendiri. 

Tidak ada warga yang bermukim atau menetap di pulau itu sehingga Pura ini hanya digunakan sebagai tempat Tirta Yatra saja. Bagi kamu atau umat Hindhu yang ingin melaksanakan persembahyangan di Pura Agung Pingit Klenting Sari ini harus melewati tujuh tempat persembahyangan.

Mulai dari Pura Taman Pingit Klenting Sari, Peseraman Agung Kebo Iwa, Pagoda Agung Dewi Kwam Im, Pendopo Agung Dalem Lingsir, Puncak Penataran Agung Pingit, Ida Betara Dalem Lingsir Waturenggong dan yang terakhir Sang Hyang Ganesha dan Ibu Dewi Parwati.

Bangunan Pagoda Agung Dewi Kwam Im adalah tempat persembahyangan yang paling unik. Tempat peribadatan Tri Dharma ini berarsitektur Budha yang terdiri dari tiga undag dan mirip dengan klenteng. Warna merah muda mendominasi bangunan suci ini, keunikan lainnya adalah tidak diperkenankan mempersembahkan daging di tempat suci ini. Pada zaman kerajaan-kerajaan dulu dalam sejarah di sini masih ada Hindhu dan Budha. Pada perjalanannya tidak jarang keduanya berjalan bersamaan dan lahirlah akulturasi seperti ini. Sama halnya di dalam ajaran Hindu ada pedanda Siwa Budha.

Untuk melihat lokasi Pulau Menjangan ini, dapat kamu gunakan peta di bawah ini:








EmoticonEmoticon