Wednesday, 3 May 2017

Wisata alam Air Terjun Singsing Buleleng



Air TerjunSingsing-Tujuan utama orang berlibur ke Bali adalah Pantai, tidak heran karena wilayah Bali dikelilingi oleh pantai. Maka dari itu kurang rasanya apabila kamu berkunjung ke Bali tetapi tidak ke pantai.

walau demikian, tidak hanya pantai saja objek wisata yang ada di Bali. Ada banyak wisata lain yang dapat kamu kunjungi di Bali. Termasuk wisata air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Singsing yang berada di Buleleng. Tempat wisata yang satu ini mungkin memang tidak terkenal. Tapi, suasana di sana mampu menghadirkan pesona yang membuat perasaan menjadi lebih nyaman.

Air terjun ini terletak di Dusun Labuhan Haji, desa Temukus, Kec. Banjar, Kab. Buleleng. Lokasinya dapat dijangkau karena berdekatan dengan salah satu objek wisata populer di Kabupaten Buleleng yaitu Pantai Lovina yang hanya berjarak 3 km, pantai Lovina  sendiri terkenal dengan lumba-lumba di laut yang dapat dilihat sambil menaiki perahu menjadi tujuan wajib untuk dikunjungi saat mengagendakan acara jalan-jalan di kawasan Bali Utara, dan air terjun Singsing terletak berdekatan, jadi sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

Biasanya kamu yang memiliki jiwa petualang akan merasa tertantang dan ingin mengunjungi air terjun dimanapun itu tidak terkecuali Air Terjun Singsing ini. Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus berjalan kaki sejauh 600 meter, menantang bukan? Lokasi air terjun berada pada sebuah bukit, sehingga anda bisa menyaksikan pemandangan Buleleng bagian utara atau yang dekat dengan pantai dari tempat ini. Walaupun kawasan wisata Bali Utara memiliki banyak air terjun yang sangat menarik, namun air terjun Singsing cukup banyak dikunjungi wisatawan, baik oleh wisatawan asing maupun domestik.

Walaupun lokasinya cukup jauh dari Kuta, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk mengunjunginya sebagai bagian dari list travelling kamu tetapi jangan hanya mengunjungi satu objek saja biar tidak habis waktu di perjalanan, maka dari itu kamu harus menyusun rencana wisatamu mulai dari Kuta, Bedugul hingga Singaraja. Kamu dapat mengikuti paket tour yang disediakan oleh agen-agen wisata ataupun bisa dengan cara sewa mobil di Bali bisa dengan supir ataupun tanpa supir mengatur sendiri acara jalan-jalan anda bersama keluarga atupun pasangan terkasih.

Ketinggian air terjun ini sekitar 12 meter dengan debit air yang lebih kecil saat musim kemarau dan debitnya akan lebih besar saat musim penghujan. Sumber air terjun ini berasal dari mata air pegunungan. Tempat ini sangat tepat untuk mengobati kejenuhan kamu dengan suguhan keindahan alam perbukitan, jernihnya air,  bebatuan alami dan segarnya air terjun. 



Foto: anythingbali.com


Jangan kamu kira di sini hanya terdapat satu air terjun, kira-kira berjarak 100 meter dari air terjun pertama melalui tangga dari bebatuan sungai, melintasi sungai dan tebing kamu akan menemukan air terjun ke dua. Air terjun kedua ini lebih tinggi dari yang pertama dan debit airnya lebih besar, pada bagian tengah air terjun terdapat sebuah batu besar yang membelah aliran air menjadi dua bagian, dengan pemandangan alamnya yang masih asri, membuat kamu betah dan ingin berlama-lama berada di sana.

Berdekatan dengan kawasan air terjun ini, terdapat sebuah monumen yang merupakan peninggalan jaman Belanda. Monumen tersebut pada awalnya dibangun oleh Belanda untuk mengenang perwiranya yang gugur saat perang Banjar pada tahun 1868, maka dari itu pada tahun 1956 monumen tersebut dihancurkan oleh warga setempat karena dianggap menghormati seorang penjajah. Namun pada tahun 1992 Pemda Buleleng mengeluarkan kebijakan untuk membangun kembali monumen tersebut, karena seperti kata Bung Karno : " Jangan sekali-kali melupakan sejarah", dan monumen tersebut menjadi lambang patriotisme masyarakat Banjar dalam melawan penjajahan, yang diharapkan juga menjadi tujuan wisata sejarah melengkapi acara jalan-jalan anda di Bali Utara.

Air Terjun Singsing termasuk tempat wisata yang tidak seperti kebanyakan air terjun di Bali. Air terjun ini sangat sepi dan sangat tepat untuk mencari ketenangan. Apalagi, suasana di sana memang sangat mendukung untuk mencari ketenangan.


EmoticonEmoticon