Wednesday, 3 May 2017

Air Terjun Gitgit- Air terjun kembar di Bali


Foto: wisatabaliutara.com

Air Terjun Gitgit-Bagi orang yang ingin berwisata ke Bali, objek wisata yang terlebih dahulu ditanyakan adalah Pantai Kuta dan objek wisata yang berada di Badung bagian selatan saja, padahal selain Pantai Kuta, Bali masih memiliki banyak tempat wisata yang lainnya seperti beberapa air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Air terjun yang paling sering ditanyakan wisatawan asing adalah air terjun Gitgit. Terdapat dua air terjun selain Air Terjun Gitgit yaitu air terjun Bertingkat dan air terjun Kembar (Twin Waterfall), dimana lokasinya berdekatan dengan Air Terjun Gitgit.

Air Terjun Gitgit ini terletak di sebelah kiri jalan dari Denpasar menuju Singaraja. Tepatnya berada di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Ketiga air terjun ini memiliki air yang jernih, namun ketika musim penghujan yang diikuti dengan banjir, maka airnya akan menjadi berwarna keruh. Waktu yang diperlukan dari Denpasar menuju air terjun ini adalah sekitar 100 menit hingga 2 jam perjalanan. 

Ada tiga air terjun, air terjun yang pertama yaitu air terjun Kembar (Twin waterfall). Tiket yang harus kita bayar agar dapat masuk dan menikmati keindahan air terjun ini adalah sekitar Rp. 3000 per orang. Setelah melewati jalan setapak maka kamu akan segera melihat air terjun kembar ini, sama dengan namanya, air terjun ini terbagi menjadi dua kemudian menyatu lagi untuk mengalir ke air terjun berikutnya.  


Sedangkan air terjun kedua yaitu air terjun bertingkat. Mengikuti aliran air terjun pertama dengan melalui jalan setapak, kamu akan menemukan jembatan. Jembatan ini sebagai tempat menyebrang atau dapat juga kamu gunakan sebagai tempat untuk menikmati air terjun bertingkat ini. Jembatan inilah yang melintang di aliran sungai yang sumbernya dari air terjun bertingkat tersebut. Setelah terasa cukup atau kamu merasa lelah karena perjalanan, kamu dapat beristirahat di gazebo yang berada di dekat air terjun ini.

Biasanya orang kalau berada di tempat yang dingin akan mencari yang hangat-hangat, di lokasi ini ada warung yang menyediakan minuman hangat atau mie instant. Kalau kamu mau makan di gazebo juga bisa, sambil menikmati keindahan air terjun dan dinginnya udara di sini apalagi makan bareng keluarga, pasti tambah lahap makannya. 

Naik lagi ke tingkatan yang ke tiga, maka kamu akan melihat air terjun yang paling populer dari ke tiga air terjun ini, yaitu Air Terjun Gitgit. Lokasi air terjun ini adalah paling tinggi diantara ketiga air terjun yang berada di Gitgit ini. Fasilitasnya juga lengkap, sehingga air terjun ini menjadi tempat yang paling disukai oleh wisatawan dari ketiganya.

Sudah tersedia  restoran, penginapan, dan art shop yang menjual kerajinan khas Bali, rempah rempah seperti cengkeh dan vanilli di dekat Air Terjun Gitgit ini. Fasilitas pendukung lainnya adalah toilet yang sudah bersih dan tempat untuk berganti pakaian bagi wisatawan yang mandi di air terjun ini.

Bagi kamu yang penasaran dan ingin berkunjung ke air terjun ini, tetapi belum mengetahui lokasinya, silahakan lihat peta di bawah ini sebagai penunjuk arahnya.



EmoticonEmoticon