Tuesday, 2 May 2017

Mitos atau Fakta, mandi di Air Panas Banjar dipercaya sebagai obat dari penyakit kulit


Foto: Shutterstock.com

Air Panas Banjar-Bagi masyarakat atau para traveller yang sedang sengaja atau memang hanya numpang lewat di Kabupaten Buleleng serta ingin merasakan relaksasi berendam di air hangat, tidak ada salahnya kalian bisa mengunjungi Objek Wisata Air Panas Banjar.

Desa Banjar terletak 19 km dari Kota Singaraja, dan 80 Km dari Kota Denpasar. Desa Banjar memiliki salah satu objek wisata alam yaitu berupa pemandian umum, mata airnya muncul dari perbukitan, air yang mengalir dari perbukitan tersebut mengandung sulfur dengan suhu kira-kira 35 derajat celcius. Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan sulfur pada pemandian ini dipercaya dapat mengobati segala macam penyakit kulit. Berendam di kolam air hangat dapat juga merelaksasikan kulit dan otot-otot yang tegang karena aktivitas kamu. 

Air Panas Banjar memiliki 3 kolam. Kolam pertama atau yang paling atas punya adalah kolam yang menjadi sumber keluarnya air untuk dialirkan ke kolam ke dua. Kolam pertama ini memiliki lebar sekitar 2 meter, panjang sekitar 13 meter, dan kedalamannya sekitar 95 senti meter. Sedangkan kolam kedua merupakan kolam yang paling luas di antara ketiga kolam yang ada di sana. Dengan lebar sekitar 11 meter, panjang 13 meter dan kedalaman dari1 hingga 2 meter ( karena posisinya semakin jauh semakin dalam kalau kita mulai melangkah dari dekat pancuran. Karena memiliki bentuk yang bertingkat sehingga aliran airnya berawal dari kolam pertama kemudian turun ke kolam ke dua. 



Untuk kolam yang ke tiga, memiliki tempat disebelah kolam ke dua dan memiliki pancuran yang lebih tinggi. Pancuran air hangat ini sering dimanfaatkan oleh pengunjung untuk merasakan sensasi pijat air. Biasanya mereka berada tepat dibawah pancuran berlama-lama. Ada yang mengarahkan pancuran tepat di kepalanya, ada yang mengarahkan pancuran tepat di punggung atau bahu, macam-macam memang. Biasanya pada kolam ke tiga ini para wisatawan melakukan pijatan dengan air pancuran, karena dengan tingginya air yang jatuh maka tekanannya pun relatif besar, selain itu air yang keluar juga terasa hangat. Tidak hanya di kolam ke tiga saja, di kolam pertama juga kamu dapat melakukan pemijatan dengan air, namun tidak se ekstrim di kolam ke tiga. Air sulfur juga bermanfaat untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit.

Harga tiket masuk ke Pemandian Air Panas Banjar ini adalah  Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Untuk tiket parkir sepeda motor adalah Rp. 2.000 dan untuk mobil adalah Rp 3.000. Pemandian Air Panas Banjar buka setiap hari, mulai pukul 08.00–18.00 Wita.

Hari Raya Keagamaan dan Hari Libur Nasional biasanya dimanfaatkan oleh orang-orang Buleleng pada umumnya untuk mandi di Air Panas Banjar ini bersama teman-teman atau keluarga tercinta. Sudah lumayan banyak wisatawan mancanegara yang berlibur ke Buleleng menyempatkan juga datang ke pemandian ini.

Fasilitas penunjang lainnya adalah adanya tempat membeli minuman dan makanan ringan untuk sekedar melepas dahaga dan pengganjal perut sebelum atau sesudah mandi di sana. Serta ada tempat untuk mengganti pakaian baik sebelum atau sesudah mandi.

Untuk mengetahui lokasinya, silahkan cek di bawah ini: 



EmoticonEmoticon